Kamis, 12 November 2009

Lima Cara Mencegah Ponsel dari Serangan Virus

Lima Cara Mencegah Ponsel dari Serangan Virus

Bukan hanya pada komputer dan Flasdisk, ancaman Virus yang menyerang Ponsel pun semakin menjadi-jadi. Akibatnya sangat dirasakan sekali dan sangat menjengkelkan, seperti hilangnya data, pengiriman sms yang tak diinginkan sehingga menyebabkan pulsa habis.

Untuk menyiasati hal tersebut, perlu dibuat sebuah pencegahan. Berikut ini, akan saya berikan sedikit tipsnya untuk mencegah pencegahan virus yang datang dengan tak diundang ke ponsel.

1. Pastikan Bluetooth dalam Kondisi Hidden Mode
Ini dikhusukan bagi mereka yang ponselnya dilengkapi aplikasi Bluetooth. Pastikan Bluetooh dalam kondisi Hidden Mode/invisible atau lebih baik dimatikan apabila tidak dipakai. Ini berguna untuk mencegah perangkat Bluetooth milik orang lain mendeteksi perangkat Bluetooth anda kecuali memang anda yang menghendakinya.
Apalagi di saat anda berada di dalam pusat perbelanjaan seperti di plaza. Karena sebagian besar, tempat tersebut banyak digunakan untuk ajang pengiriman virus.

2. Waspada saat menerima file asing
Ketika anda menerima file yang dikirim lewat perangkat Bluetooth seperti attachment MMS, berhati-hatilah dengan sikap waspada dari kemungkinan adanya program jahat yang merasuki (baca: masuk) ponsel anda nantinya. Pastikan file kiriman itu berasal dari sumber terpecaya, misalnya keluarga dan kerabat anda.

3. Download dari sumber terpercaya
Jika anda mendownload sebuah program atau konten saat anda browsing di Ponsel, pastikan anda mendownloadnya dari sumber terpercaya sehingga ancaman virus bisa dikurangi. Namun dengan berkembangnya orang-orang dalam dunia teknologi, anda juga harus berhati-hati, karena bisa jadi para oknum-oknum cyber mampu membuat sumber download yang kelihatan terpercaya padahal isinya merupakan rumah virus.

4. Gunakan Antivirus
Beberapa vendor antivirus PC kini sudah banyak yang membuatkan antivirusnya agar bisa digunakan di ponsel seperti, Symantec. Gunakanlah program antivirus jika anda merasa membutuhkannya.

5. Hubungi Produsen Ponsel Anda
Jika kedapatan ponsel anda sudah terinfeksi virus, segera hubungi Ponsel produsen ponsel anda agar tidak terjadi kerusakan. Ini biasanya terjadi apabila anda membeli ponsel pada counter HP.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com